03 March 2009

Internet Marketing

Memasarkan produk dan layanan melalui internet (internet marketing) sudah pasti bukan hal baru. Mulai dari perusahaan papan atas, UMKM, hingga para pelaku bisnis personal kini ramai-ramai memanfaatkannya. Sebagai sebuah media pemasaran yang memiliki jangkauan sangat luas bahkan nyaris tidak terbatas, pemasaran melalui internet memang sangat menguntungkan. Para pelaku bisnis bisa dengan sangat leluasa menyebarluaskan informasi tentang produk dan layanan yang dimilikinya bahkan berkomunikasi langsung dengan para konsumen. Istimewanya lagi semua ini dapat dilakukan dengan biaya dan waktu yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan cara tradisional. Internet marketing sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari sebuah siklus hidup pemasaran yang meliputi perencanaan, penentuan harga, promosi dan distribusi produk yang semuanya dilakukan secara online. Banyak tools yang biasanya digunakan dalam internet marketing, antara lain Website, Search Engine Optimization (SEO), banner iklan, email dan sebagainya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka internet marketing perlu direncanakan dengan sangat baik. Perencanaan tersebut harus memuat beberapa hal, antara lain :
  • Model bisnis dan produk atau layanan yang berkualitas
  • Rancangan website yang berorientasi penjualan
  • Strategi pemasaran online yang tepat dan sesuai anggaran.

Satu hal yang selalu harus diingat bahwa “TIDAK ADA KEBERHASILAN YANG DAPAT DIRAIH SECARA INSTANT! Demikian pula dengan bisnis melalui internet. Untuk berhasil diperlukan waktu, kerja keras, dan pengetahuan yang memadai. Selain itu tanpa didukung dengan model bisnis yang sesuai, skill untuk memasarkan dan menjual produk secara online, dan perencanaan strategi pemasaran yang tepat, maka kesempatan untuk berhasil sangat kecil.

3 comments:

  1. Assalaamu Alaikum...
    Ternyata artikelnya bagus2 juga nih,
    Saya mau tanya mas, Blog seperti Jokosusilo.com ini domainnya bayar atau gratis ya?

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam mas Wawan. Domain harus bayar. Untuk webhosting ada yang gratisan, tetapi biasanya untuk kapasitas yang terbatas. Untuk sekelas blognya mas joko susilo kelihatannya hostingnya juga yang bayar, karena sudah sangat ramai pengunjung dan tentunya butuh kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Salam kenal dan sukses buat anda.

    ReplyDelete
  3. “TIDAK ADA KEBERHASILAN YANG DAPAT DIRAIH SECARA INSTANT! saya kutip dari tulisan Bapak. keberhasilan harus dibangun dari awal dengan proses, setuju.
    Salam,

    ReplyDelete