03 March 2009

Bisnis Itu Bersifat Personal

Bagaimana perasaan anda ketika anda memasuki sebuah Bank, kemudian anda disambut ucapan selamat pagi dan senyum ramah petugas Satpam ? Selanjutnya ketika anda berhadapan dengan kasir, anda pun disambut dengan cara yang sama? Bagaimana perasaan anda ketika memasuki sebuah hotel, lalu anda disambut dengan sikap ramah petugas front office dan sesaat kemudian seorang room boy yang murah senyum membantu anda membawakan tas dan koper anda ke kamar ? Sudah tentu anda akan merasa senang mendapatkan perlakuan seperti itu. Tetapi bagaimana jika sebaliknya ?

Dari ilustrasi tersebut tampak jelas bahwa pada dasarnya bisnis bersifat sangat personal. Konsumen atau pembeli selain menginginkan manfaat dari produk yang ditawarkan, mereka juga sangat ingin dihargai dan diperlakukan secara istimewa. Dalam iklim persaingan bisnis yang sangat ketat saat ini, harus selalu diingat, bahwa sangatlah mudah bagi konsumen untuk mencari produk dan membandingkan antara produk yang satu dengan lainnya. Andai saja kita berasumsi bahwa semua produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan harga yang tidak jauh berbeda, maka pertanyaannya adalah produk manakah yang akan dipilih oleh konsumen ? Jawabannya adalah tergantung pada seberapa baik komitmen dan layanan yang diberikan oleh penjual, baik pada saat sebelum maupun setelah terjadinya penjualan. Hal serupa tentu saja berlaku dalam bisnis internet. Kita bisa menyaksikan bagaimana produk-produk yang ditawarkan dengan dukungan layanan yang bermutu mampu menciptakan penjualan spektakuler. Salah satu contohnya adalah produk
ebook formulabisnis karya Joko Susilo yang didukung dengan layanan pra dan purna jual yang sangat baik melalui situs www.jokosusilo.com . Untuk itu bagi anda yang ingin melipatgandakan penjualan anda dan menghasilkan keuntungan bisnis yang luar biasa, maka kuncinya adalah perlakukan konsumen secara personal dan tetaplah berlaku profesional. Ingat pepatah lama : “PEMBELI ADALAH RAJA !”.Sukses buat anda !

10 comments:

  1. Pertama saya ucapkan terimakasih Mas, atas kesediaannya mengunjungi blog saya. Kedua, salam kenal, dan ketiga mudah-mudahan ini bisa konsisten selamanya.

    Btw, apa yang Mas widjaksana sampaikan di atas memang benar adanya. Pelayanan memberikan kontribusi penting dalam bisnis apapun. Untuk itu jangan pernah menyepelekannya. Dan di Formula Bisnis hal itu betul-betul sangat terasa.

    Formula Bisnis telah membuat perubahan luar biasa dalam hidup dan bisnis saya. Jadi, mari kita pelajari contoh yang baik itu untuk kita aplikasikan dalam bisnis pribadi kita.

    Salam Istimewa!
    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

    ReplyDelete
  2. It just business, not personal...
    Kata-kata di atas adalah secuplik ungkapan Donald J. Trump, pebisnis top dunia.

    Maksudnya adalah kita harus bisa profesonal, jangan mengedapankan personal. Adapun mengenai layanan kepada konsumen yang memuaskan itu namanya excellent service, dimana di dalamnya kita mencoba menyentuh sisi emosional konsumen dengan empati.

    Kalau sebuah bisnis dipersonalkan, urusan bisa ribet manakala yang menjadi partner kita adalah orang-orang dekat yang masih punya hubungan keluarga.

    Believe it or not, business just business.
    Salam Sukses,
    BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

    ReplyDelete
  3. Catatan buat blog ini :
    1. Isi dan gaya Anda di blog ini bagus, coba cari template tema yang lebih bagus dan sesuai dengan karakter blog Anda.

    2. Untuk paragraf2 panjang, coba dipecah. Paling ngga 5-7 baris ganti paragraf. jadi pembaca nyaman. Sebagai contoh, silahkan lihat bagaimana blog2 populer membagi tulisannya.

    3. Untuk fasilitas komentar, captcha (verifikasi kata) sebaiknya dinonaktifkan saja.

    Mohon maaf... bila saya sedikit memberi masukan ke blog ini, karena saya melihat potensi yang bagus di blog ini. Saya bila tidak dimaksimalkan.

    Salam Sukses,
    Supported by :
    BLOG BISNIS INTENET - The way to make your business blog profesinal

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas masukkannya. Insya Allah akan saya perbaiki supaya lebih baik. Mengenai memecah paragrah sudah saya coba tapi blm berhasil, barangkali mas arif bisa bantu. Soal isinya, saya setuju dengan mas Arif bahwa bisnis harus profesional. Dalam tulisan ini tadinya saya mau menyampaikan bahwa hal-hal seperti senyum, sapa dan sebagainya yang diberikan oleh penjual merupakan sesuatu yang bersifat personal dan bisa mempengaruhi keberhasilan bisnis. Tetapi tentu saja harus profesional. Mungkin cara saya menyampaikannya kurang tepat. Terima kasih sekali atas masukkannya. Jangan segan untuk terus memberikan komentar-komentar posisitf. Jazakallahu khoiron katsiron. Sukses buat anda.

    ReplyDelete
  5. Untuk memecah artikel di blogspot saya tidak bisa mas. DUlu waktu masih pake blogspot saya juga sama-sama tidak bisa memecah artikel. Kalau di wordpress ada tombolnya.

    Mungkin bisa tanya ke mas agung di www.Agunawanika.blogspot.com atau di www.Agunawanika.com mas.

    ReplyDelete
  6. kunjungan balik..

    yang dimaksud Mas Arief membuat fasilitas read more ya. coba berkunjung ke blognya Mas Isnaini di www.isnaini.com. nanti coba masuk ke artikel tentang blogger. di sana ada tentang pembahasan membuat fasilitas read more, baik untuk template klasik maupun template baru. sesuaikan ja....

    hmmm jadi ingat masa awal-awal dulu berburu read more. mang kudu agak sabar Mas. saya dulu mpe berkali-kali nyoba baru berhasil...

    ReplyDelete
  7. Selamat mas...mari kita belajar dan saling tukar fikiran... untuk menuju sukses. salam kenal. untuk pelayanan konsumen harus profesional. untuk menjaga bisnis kita. konsumen adalah raja memang benar adanya. dalam bisnis online kita harus lebih ramah dan baik karena kita tidak langsung ketemu. tanamkan kepercayaan dan kemudian kita follow up... layanan purna jual juga jangan ketinggalan.

    ReplyDelete
  8. To Wahyu. Betul mas, intinya silaturahmi harus dijaga. Dan sikap profesional merupakan salah satu hal yang bisa menjaga silaturahmi.

    ReplyDelete
  9. Halo Mas Widjaksana, memang customer harus diperlakukan seperti raja. Terlepas dari apakah nanti terjadi closing/pembelian atau tidak. Sering terjadi (pengalaman pribadi juga), keinginan membeli jadi buyar gara-gara pelayanan yang buruk. Sebaliknya yang awalnya iseng, karena pelayanan memuaskan, jadi beli deh...
    Thanks udah mampir ke blog saya ya...salam sukses!

    ReplyDelete
  10. Bisnis itu seru dan menantang sekali. Ide dan tantanganya ok.

    ReplyDelete